Mas Wahyu Didik Berbagi Cerita

Tiga Kebiasaan Karyawan yang Efektif

12 Aug 2013 - 09:27 WIB

Tiga Kebiasaan Karyawan yang Efektif

Oleh Toni Bowers*
/ Career Management Blog

Tips ini membahas kebiasaan efektif apa yang perlu dilakukan oleh Karyawan agar bukan hanya survive tetapi juga sukses di tempat kerja.

Fleksibilitas
Apakah anda mengenal karyawan yang setiap diberi tugas baru selalu menghabiskan waktu untuk menggerutu bahwa tugas yang diberikan tidak bisa dikerjakan? Dapat dibayangkan betapa frustasinya manajer yang menangani karyawan tersebut.

Satu hal yang perlu dipelajari untuk memulai sukses adalah bahwa Anda harus mengambil kesempatan untuk berkembang; Anda perlu mengesampingkan kekhawatiran-kekhawatiran yang tidak perlu and yang perlu Anda lakukan adalah cobalah untuk menyelesaikan tugas-tugas baru tersebut.

Motivasi Diri atau self Motivation
Banyak karyawan mengukur keberhasilannya di perusahaan hanya berdasarkan hasil dan komentar dari review tahunan atau PA tentang dirinya. Mungkin hasil review tahunan atau Performance Appraisal (PA) memintanya untuk mengambil lebih banyak proyek atau mengkaryakan dirinya dengan lebih banyak beban kerja. Karyawan yang memiliki motivasi diri yang tinggi tidak perlu disuruh-suruh, ia melakukannya karena dorongan dari dalam dirinya untuk mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan. Karyawan yang memiliki motivasi diri jarang berkata, “Ini bukan tugas saya. Ini bukan job description saya.”

Inisiatif
Untuk beberapa lingkungan kerja, mempraktekan inisiatif terkadang sulit karena ada beberapa Bos yang lebih suka mengkontrol penuh setiap aspek pekerjaan. Hal ini menciptakan lingkungan kerja yang menakutkan sehingga karyawan terbiasa untuk “nyaman terkukung di dalam kotak.” Tetapi, bagaimanapun karyawan memilih terkukung dalam kotak tidak akan pernah mendapat penghargaan dari hanya melakukan apa yang diperintahkan. Mungkin jika dalam situasi seperti ini, Anda perlu memberikan masukan-masukan terhadap bos Anda sebelum mengambil langkah-langkah inisiatif.

*Toni Bowers, Penulis, adalah Managing Editor di TechRepublic, ia juga blogger yang meraih penghargaan unutk Career Management Blog.

BACA JUGA:


TAGS   kebiasaan efektif / career management blog / kamera murah bagus / motivational short stories / tips dan karir /


Ini Lho Aku

@maswahyudidik
Halo, nama panggilan sesuai KTP nama saya Wahyu, di kampung di Jogja nama panggilan saya Didik. Di Goodread nama saya YW Purnomosidhi. He he saya kadang-kadang blogger, penulis cerpen fabel, penterjemah dan internet marketer.

Recent Post

Recent Comments

Archive