Mas Wahyu Didik Berbagi Cerita

Belajar Untuk Apa?

22 Apr 2013 - 13:53 WIB

Dari sejak SD sampai pendidikan terakhir yang kita tekuni, sering kita terkondisikan untuk mengejar nilai, entah itu nilai ujian semester atau pun ujian akhir seperti UAN. Tetapi tak jarang, meskipun kita meraih nilai di atas rata-rata sering apa yang kita pelajari tidak meresap dalam otak kita bahkan kita melupakannya seperti masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Bahkan, saat telah bekerja dan mengikuti training, hal ini pun terjadi. Bisa jadi hal ini terjadi karena kita hanya mengejar nilai formal semata.

Nilai atau pengakuan formal sperti ijasah itu penting tetapi mempelajari suatu ilmu hanya untuk formalitas semata akan terasa hambar. Belajar dengan motif untuk menyenangkan orang lain, sperti menyenangkan orang tua atau bos itu baik, tetapi jauh dari cukup. Mempelajari sesuatu hanya karena diwajibkan kurang dapat mengembangkan diri kita. Seyogyanya kita menyadari akan kebutuhan akan ilmu yang hendak kita pelajari bahkan lebih dari itu kita perlu memiliki passion atau gairah untuk belajar. Belajar bukan hanya untuk memenuhi syarat formal tetapi untuk menambah, memperdalam, bahkan menghayati apa yang kita pelajari.

Pembelajaran memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan (knowledge), keahlian ( skill), dan sikap (attitude). Setelah pelatihan, pembelajaran tidak hanya berhenti sampai di situ, kita perlu terus mengamalkan dan menghayati pengetahuan, keahlian dan sikap positif dari hasil belajar bahkan berdiskusi dan bertukar pengetahuan dengan orang lain agar kita terus berkembang dan menempatkan diri pada parubahan zaman.

Kita belajar untuk perkembangan diri kita agar diri kita menjadi lebih baik dan berkembang baik sekarang maupun di masa depan. Proses belajar bukan hanya pada proses pelatihan atau pun di lembaga pendidikan tetapi juga di dalam kehidupan sehari-hari.[]YWP

N.B.:

Belajar dengan membaca cerita pendek bahasa inggris asik juga lho, silahkan baca cerita pendek inspirasi online dalam Bahasa Inggris di Fable Fantasy


TAGS   belajar / pembelajaran / pendidikan / motivasi / pelatihan /


Ini Lho Aku

@maswahyudidik
Halo, nama panggilan sesuai KTP nama saya Wahyu, di kampung di Jogja nama panggilan saya Didik. Di Goodread nama saya YW Purnomosidhi. He he saya kadang-kadang blogger, penulis cerpen fabel, penterjemah dan internet marketer.

Recent Post

Recent Comments

Archive